Selasa, 18 Agustus 2015

Rasa Kenetralan

Pengamat Ilmu Pemerintahan dan Politik Unlam Dr. Budi Suryadi MSi mengatakan, jika melihat lima nama caretaker yang ditunjuk Gubernur Kalsel Rudy Arifin kala ini, bakal calon kepala daerah, baik di Kalsel maupun kabupaten/kota seharusnya bisa lega. Menurutnya hubungan atau ikatan alumni seperti Ikatan Ketua Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) sangat kental di Kalimantan Selatan. ini yang saya sebut garansi kenetralan. Calon-calon pilkada tidak ada kekhawatiran lagi terhadap independeni caretaker tersebut, ujarnya.
diungkapkan Budi, di sejumlah kabupaten/kota Kalsel yang menyelenggarakan pilkada serentak 9 Desember mendtang, secara kebetulan rata-rata posisi camat maupun lurah diisi oleh alumni IPDN. langkah yang diambil Gubernur Kalsel Rudy Arifin ini menurutnya merupakan langkah bijak untuk penetralan suara dalam pilkada. "Tentu saja ini bisa memberikan rasa kenetralan," tandasnya.
Istilah PNS netral sudah kerap didengar di telinga masyarakat umum. Namun tentu saja tidak ada yang menjamin kenetralan PNS untuk pilkada mendatang. nah dengan dipilihnya, caretaker dengan latar belakang pendidikan teknis dan manajemen ini tentu saja bisa menyeimbangkan kondisi di lingkungan pemerintahan. "semua PNS wajib netral, kita semua tau itu. namun langkah ini merupakan bentuk penegasan kembali," tandasnya (mat/yn/bin, Radar Banjarmasin, Minggu 9 Agustus 2015)